Search

Sisa Dana Simpang Susun Semanggi Rp219 Miliar untuk Trotoar

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebutkan ada sisa uang nilai koefisien lantai bangunan (KLB) dari PT Mitra Panca Persada yang digunakan membangun Simpang Susun Semanggi. Sisa tersebut akan dipakai untuk membiayai pembangunan infrastruktur ibu kota, seperti pedestrian atau trotoar dan saluran utilitas.

Adapun nilai KLB PT Mitra Panca Persada kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebagai kompensasi saat meninggikan gedung Wisma Sudirman dari 17 lantai menjadi 60 lantai, mencapai Rp579 miliar.

"Perencanaan awal kami, membangun Simpang Susun Semanggi memang memakan biaya sekitar Rp500 miliar. Setelah dihitung ulang, ternyata hanya Rp360 miliar. Artinya, kami punya banyak sisa untuk memperbaiki trotoar dan ducting (saluran utilitas)," kata Djarot, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/7).


Sisa nilai KLB pembangunan Simpang Susun Semanggi, yang mencapai Rp219 miliar itu akan digunakan untuk membangun pedestrian di kawasan Jalan Sudirman.

Tepatnya dari muka Kali Krukut, Bendungan Hilir sampai Patung Pemuda Senayan. Titik lain yaitu di kawasan Gatot Subroto, tepatnya dari Kartika Candra sampai Taman Ria Senayan sepanjang 3,5 kilometer.

"Saya sudah sampaikan kepada Sekretaris Daerah, dan surat perjanjian kerjasamanya (antara Pemprov DKI dan PT Mitra Panca Persada) sudah ditandatangani," ucap Djarot.


Pembangunan jalur pedestrian atau trotoar, serta saluran utilitas ini ditargetkan selesai sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Simpang Susun Semanggi merupakan salah satu mega proyek milik Pemprov DKI Jakarta yang dibangun pada masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Peletakan batu pertama dilakukan pada 8 April 2016.

Peresmiannya akan dilakukan pada 17 Agustus 2017 bertepatan dengan HUT RI ke-72. Acara itu rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.


Sementara malam ini, Pemprov DKI akan melakukan uji coba open traffic untuk pertama kalinya, setelah dinyatakan lulus uji kelaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (pmg/gil)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Sisa Dana Simpang Susun Semanggi Rp219 Miliar untuk Trotoar : http://ift.tt/2uDTJR7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sisa Dana Simpang Susun Semanggi Rp219 Miliar untuk Trotoar"

Post a Comment

Powered by Blogger.