Search

KPU Bakal Kembali Gelar Simulasi Persiapan Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum akan kembali mengadakan simulasi guna mempersiapkan penyelenggaran Pemilihan Umum serentak 2019. Simulasi akan digelar pada Sabtu (30/9) di Bogor, Jawa Barat.

Ketua KPU RI Arief Budiman berkata, simulasi yang akan digelar nanti berbeda dengan kegiatan serupa pada 19 Agustus lalu. Perbedaan akan terlihat dari jumlah peserta simulasi yang dilibatkan.

Pada simulasi pertama pertengahan Agustus lalu, KPU melibatkan 500 peserta yang dirancang sebagai pemilih. Nantinya, hanya ada 300 warga yang akan menjadi pemilih dalam simulasi pada 30 September.

"Jadi yang digunakan (jumlahnya) sesuai yang dirancang di Peraturan KPU. Yang lain belum ada, kotak suara tetap pakai lima dan bilik suara pakai empat bilik," kata Arief di kantornya, Jumat (22/9).


Menurut Arief, jumlah pemilih di tiap TPS akan mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan perhitungan hasil pemungutan suara. KPU memprediksi perhitungan hasil pemilu serentak 2019 akan berjalan lama, karena banyaknya kotak suara yang harus dihitung.

Dalam simulasi nanti, KPU juga akan mengecek ketahanan fisik petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Uji ketahanan akan dicoba dengan menghitung seluruh hasil pemilihan di lima kotak suara berbeda.

Pada Pemilu 2019 akan ada lima kotak suara di tiap TPS. Kelima kotak tersedia untuk menampung surat suara Pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPRD Provinsi.

"Untuk yang (simulasi) besok akan kita drill (penghitungan) sampai selesai. Kita sekaligus akan ukur fisiknya kuat apa tidak, mudah-mudahan bisa sebagaimana rencana," jelasnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan KPU Bakal Kembali Gelar Simulasi Persiapan Pemilu 2019 : http://ift.tt/2wH1c4I

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Bakal Kembali Gelar Simulasi Persiapan Pemilu 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.