Search

Jokowi Dijadwalkan Hadiri Penutupan Lebaran Betawi

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Betawi Zainuddin mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam acara penutupan Festival Lebaran Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, pada Minggu (30/7).

"Saya minta beliau untuk hadir pada acara penutupan, dan beliau menyanggupi," kata Zaenudin, kepada CNNIndonesia.com, di kawasan Setu Babakan, Jumat (28/7).

Undangan untuk Jokowi ini, kata Zaenudin, adalah bentuk apresiasi masyarakat Betawi atas upaya pemerintah, terutama presiden, untuk turut melestarikan dan mengenalkan budaya Betawi ke dunia internasional.

"Dalam sejarah uang negara, baru sekarang ini salah satu kebudayaan Betawi, yaitu tari topeng, akhirnya dipajang (di uang Rp100 ribu). Pak Jokowi juga sudah memakai jas ujung serong ketika menerima tamu kenegaraan. Jadi, undangan ini adalah apresiasi kami kepada beliau," ucapnya.

Selama perayaan Lebaran Betawi hari terakhir itu, Jokowi akan memberi sambutan, menyaksikan beragam hiburan kesenian khas Betawi, meninjau museum dan rumah-rumah adat yang jadi kepemilikan lima kota dan satu kabupaten administratif Jakarta, serta ikut menempa pusaka Betawi bersama para empu dari Sanggar Bilah Sangga Buana.

"Semacam pusaka spiritual, dan orang pertama yang menempanya adalah Pak Jokowi. Nantinya didampingi oleh Pak Gubernur (Djarot Saiful Hidayat)," ujar Zaenudin.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengungkapkan bahwa perayaan Lebaran Betawi 2017 ini menghabiskan dana hingga Rp700 juta. Dana tersebut diambil dari hibah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Lebaran Betawi 2017 ini digelar di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan pada Jumat-Minggu, 28-30 Juli 2017. Pemprov DKI memperkirakan bakal ada lebih dari 20.000 pengunjung yang hadir tahun ini.

Sejumlah acara kesenian juga disiapkan untuk menghibur para pengunjung yang datang, mulai dari tanjidor dan ondel-ondel bergoyang, musik gambang kromong, atraksi Silat Betawi, rebana biang, lenong, hingga layar tancep. (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jokowi Dijadwalkan Hadiri Penutupan Lebaran Betawi : http://ift.tt/2uGLXGj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Dijadwalkan Hadiri Penutupan Lebaran Betawi"

Post a Comment

Powered by Blogger.