Search

Penataan Kolong Tol Kalijodo Ditargetkan Rampung Awal Oktober

Jakarta, CNN Indonesia -- Penataan kolong Tol Pluit-Tomang yang berada di seberang Ruang Publik Terpadu Ramah Anak dan Ruang Terbuka Hijau Kalijodo ditargetkan rampung awal Oktober 2017.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Gamal Sinurat, mengatakan kawasan kolong tol tersebut akan disulap menjadi ruang terbuka hijau dan lahan parkir. Selain itu juga akan dibangun jembatan yang menghubungkan lokasi tersebut dengan RPTRA dan RTH Kalijodo.

"Targetnya selesai di awal Oktober, sudah bisa diresmikan," ujar Gamal di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (27/7).

Penataan kolong tol seberang Kalijodo ini, kata Gamal, memang harus dipercepat agar tidak kembali disalahgunakan masyarakat. Gamal menyatakan tak ingin ada pihak yang kembali mendirikan bangunan liar di lokasi tersebut seperti pernah terjadi beberapa bulan lalu.

Belum lagi, lanjutnya, saat ini pengunjung RPTRA dan RTH Kalijodo masih menggunakan ruas Jalan Kepanduan II sebagai lahan parkir.

"Sehingga fungsi-fungsi di Kalijodo enggak berjalan optimal seperti (jalur) pedestrian, taman, dan lain-lain. Dengan penataan ini, diharapkan nantinya bisa mendukung fungsi-fungsi tersebut," kata Gamal.

Desain penataan kolong tol ini dalam tahap penyempurnaan. Arsitek yang terlibat masih menghitung rencana anggaran biaya (RAB) yang diperlukan untuk menata kolong tol tersebut.

Rencananya, taman dan lahan parkir di kawasan ini akan dibangun melalui uang kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB) dari PT Surya Raya.

Pemprov DKI pun telah melakukan audiensi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai pemilik lahan. Gamal mengatakanKementerian PUPR telah menyetujui penataan kolong tol tersebut.

"Mereka (Kementerian PUPR) sudah setuju (soal rencana penataan kolong tol). Gubernur sudah audiensi dengan menteri, nanti diatur administrasinya seperti apa," katanya. (wis/kid)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Penataan Kolong Tol Kalijodo Ditargetkan Rampung Awal Oktober : http://ift.tt/2w5fTd7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penataan Kolong Tol Kalijodo Ditargetkan Rampung Awal Oktober"

Post a Comment

Powered by Blogger.