Search

Tak Bela Ulama, Aksi 287 Bentuk Protes Terhadap Perppu Ormas

Jakarta, CNN Indonesia -- Peserta aksi 287 mulai mendatangi kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, yang menjadi titik kumpul sebelum long march ke Mahkamah Konstitusi. Mereka datang dari berbagai wilayah di Jakarta dan luar Jakarta.

Dari pantauan CNNIndonesia.com peserta aksi 287 yang juga merupakan alumni aksi 212 mulai berdatangan sejak pukul 09.00 WIB. Mereka kebanyakan datang bergerombol dengan menggunakan bus.

Para peserta aksi menyebut kedatangan mereka kali ini bukan untuk bela ulama atau bela islam seperti aksi-aksi sebelumnya.

Melainkan sebagai bentuk solidaritas dan rasa kecewa mereka terhadap pemerintah yang telah mengeluarkan Peraturan Pengganti Undang-undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Salah satu peserta aksi asal Jakarta Utara, Adhi Wahyu (39) mengatakan sangat kecewa dengan sikap pemerintah saat ini. Dia khawatir, Perppu itu digunakan pemerintah untuk menutup mulut umat yang dianggap tidak pro pemerintah.

"Bukan soal tidak pro pada negara, bagaimana bisa ormas tidak pro terhadap negara Indonesia, terhadap Pancasila. Perppu ini hanya akal-akalan mereka (pemerintah) saja," kata Adhi kepada CNNIndonesia.com di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (28/7).

Adhi yang datang bersama keluarganya ini pun mengaku ikut aksi untuk memperjuangkan hak-haknya sebagai warga negara.

"Apa bukti HTI radikal dan tidak pancasilais? Yang jelas kami akan berusaha agar perppu diktator ini dicabut," kata dia.

Senada dengan Adhi, Yusuf Munawar (32) yang datang dari kawasan Bogor ini memastikan aksi ini untuk memperjuangkan Perppu Ormas dicabut.

Dia menyebut, jika memang perppu tersebut dibentuk untuk melindungi Pancasila dari organisasi radikal, seharusnya pemerintah tidak hanya membubarkan HTI.

"Pertanyaanya, kenapa hanya HTI? Kenapa organisasi yang berlandaskan Islam yang harus digempur habis-habisan, dibubarkan. Banyak organisasi lain, kenapa hanya HTI," kata dia.

Sementara itu, Ma'ruf Alinuddin (55) peserta aksi 287 yang juga merupakan alumni dari aksi 212 ini memastikan pihaknya akan mendatangkan ratusan ribu peserta untuk mengawal pencabutan Perppu Ormas itu.

"Ratusan ribu, nanti akan lakukan long march ke MK," kata dia. (osc)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Tak Bela Ulama, Aksi 287 Bentuk Protes Terhadap Perppu Ormas : http://ift.tt/2vcOY2n

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Bela Ulama, Aksi 287 Bentuk Protes Terhadap Perppu Ormas"

Post a Comment

Powered by Blogger.