Search

Saberman, Maskot Saber Pungli Sahabat Rakyat

Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) meluncurkan maskotnya yang dinamakan Saberman. Saberman sendiri tampil dengan sosok seorang penyapu jalanan.

Kepala Satgas Saber Pungli, Komjen Pol Dwi Prayitno mengatakan pemilihan sosok penyapu jalanan sebagai maskot didasarkan pada fungsi dari saber pungli itu sendiri, yaitu untuk membersihkan seluruh pungli di Indonesia.

"Sesuai dengan perpresnya, saber pungli, saberman, orang kalau nyapu itu harus bersih, logikanya begitu," kata Dwi dalam acara pelucuran maskot Saber Pungli di kawasan Sudirman, Minggu (17/9).

Kehadiran saberman itu, diharapkan bisa menjadi sahabat masyarakat untuk mau ikut serta dalam pemberantasan pungli di Indonesia.


Sebab menurut Dwi, masyarakat  sebenarnya memiliki hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam pemberantasan pungli tersebut.

"Sekarang ada maskot saberman diharapkan akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk memberantas pungli, ada kebanggaan, figur ini bisa dicontoh," ujarnya.

Maskot tersebut, lanjut Dwi juga sebagai simbol fungsi penindakan yang dimiliki oleh saber pungli.

Dalam fungsi penindakannya, saber pungli memiliki kewenangan untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT) jika mendapatkan laporan tentang adanya pungli dari masyarakat.

"Kami lakukan OTT, kan ada kewenangannya kami. Sampai sekarang selama 10 bulan udah 1.002 (OTT) di seluruh Indonesia (yang) sudah diproses baik dalam penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan udah vonis," tutur Dwi.


Sampai saat ini, sebagian besar pungli masih terjadi di sektor pelayanan publik, misalnya dalam pengurusan perizinan.

Untuk menyosialisasikan saber pungli kepada masyarakat, Satgas telah memanfaatkan videotron dan media sosial.

"Ada beberapa kami buat, videotron, di Facebook, Instagram, banyak respon masyarakat, bagus sekali interaktifnya," kata Dwi. </span> (eks)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Saberman, Maskot Saber Pungli Sahabat Rakyat : http://ift.tt/2fcepdZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saberman, Maskot Saber Pungli Sahabat Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.