Search

Gubernur Djarot Bangun Trotoar 6,6 KM di Sudirman-Thamrin

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan proyek revitalisasi trotoar sepanjang Sudirman-Thamrin, Jakarta. Trotoar sepanjang 6,6 kilometer (KM) ini akan dimulai dari Patung Pemuda Senayan hingga Patung Kuda.

“Targetnya, Agustus 2018 sudah selesai, seiring dengan rampungnya program MRT Sudirman-Thamrin,” ujarnya usai peresmian proyek di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (8/10).

Revitalisasi trotoar, sambung dia, dilakukan sekaligus untuk memastikan kawasan Sudirman-Thamrin tertata rapi jelang perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Sisi jalur trotoar juga nantinya akan ditanami pohon demi kenyamanan para pejalan kaki.

“Kami juga berikan jalan sepeda cukup lebar antara 8 meter sampai 11 meter,” katanya.

Sementara, pengelola gedung yang ada di kawasan trotoar juga diminta membuka akses pagar yang ada di bangunannya untuk memaksimalkan pembangunan trotoar. 

Ia menyebutkan, ada insentif bagi pengelola gedung yang bersedia membongkar pagarnya. “Toh, kalau masuk gedung sudah ada security, sehingga kalau bisa (pagarnya) dibuka saja, agar kelihatan betul trotoar kita lebar,” tutur Djarot.

Proyek revitalisasi trotoar ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI dengan PT MRT Jakarta. Pendanaan proyek diongkosi dari sisa dana pembangunan simpang susun Semanggi.

Rencananya, MRT Jakarta akan berkontribusi mengerjakan area di sekitar enam stasiun bawah tanah, yakni Stasiun Senayan, Istora Senayan, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia. Total pengerjaan diperkirakan sepanjang 1,4 KM.

Sementara itu, Dinas Bina Marga Pemprov DKI akan mengkoordinasi PT Mitra Panca Persada (Patung Pemuda Senayan – Kali Krukut) dan Keppel Land (Kali Krukut – Patung Arjuna Wiwaha) sepanjang 5,2 kilometer.

Mantan Wali Kota Blitar ini menjamin, pengerjaan proyek revitalisasi trotoar tidak akan mengganggu pembangunan MRT yang sedang berjalan di kawasan Sudirman-Tahmrin.

“Tidak akan ganggu. Justru, kami harus bareng. Nanti, kami hilangkan jalur lambat dan cepat agar tidak macet,” terang dia. 

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, keberadaan jalur trotoar ini juga akan memudahkan akses bagi para pengguna MRT.

“Nanti, akan dibangun pintu masuk ke stasiun bawah tanah yang dapat diakses dari jalur pedestrian,” imbuh dia.

Ia memastikan, jalur ini memadai dan aman bagi pengguna MRT Jakarta, termasuk pengguna trotoar secara umum dan penyandang disabilitas. (bir)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Gubernur Djarot Bangun Trotoar 6,6 KM di Sudirman-Thamrin : http://ift.tt/2g1uML9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gubernur Djarot Bangun Trotoar 6,6 KM di Sudirman-Thamrin"

Post a Comment

Powered by Blogger.