Search

Cegah Tiket Palsu, Penumpang Diimbau Cetak Karcis di Stasiun

Jakarta, CNN Indonesia -- Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto mengimbau penumpang mencetak sendiri boarding pass kereta api di check in counter yang telah tersedia di stasiun, agar tidak tertipu tiket kereta palsu.

"Pastikan keaslian boarding pass dengan cara melihat kode pengaman berupa pola tulisan Kereta Api Indonesia pada boarding pass," kata Suprapto kepada CNNIndonesia.com di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (27/6).

Dia juga meminta penumpang lebih pro aktif dan langsung melakukan konfirmasi pada petugas jika ragu pada boarding pass kereta api.

"Jika ada keraguan terhadap boarding pass, segera konfirmasi ke petugas atau customer service yang ada di stasiun, atau bisa juga melalui contact centre PT KAI di (021) 121, atau bisa men-download aplikasi KAI Access guna melihat kode booking tersebut asli atau tidak," ujarnya melanjutkan.

Sebelumnya, pada Jumat ditemukan sembilan calon penumpang KA Kutojaya Utara, dan tiga calon penumpang KA Kutojaya Utara Premium Tambahan yang kedapatan memiliki tiket boarding pass palsu, saat akan melakukan proses boarding pada KA Kutojaya Utara dan KA Kutojaya Utara Premium Tambahan.

Tiket yang dibawa tidak tercantum dalam sistem boarding milik KAI. Imbasnya, ketika melakukan check-in di Stasiun Pasar Senen, tiket tidak terdeteksi. Ketika dimintai keterangan, calon penumpang menuturkan bahwa mereka membeli tiket dari temannya.

"Kami mengimbau kepada calon penumpang agar membeli tiket tidak melalui perorangan atau calo, karena ini rentan praktik penipuan," kata Suprapto.

Guna mengatasi lonjakan penumpang, Stasiun Pasar Senen memberlakukan aturan tiga zona.Guna mengatasi lonjakan penumpang, Stasiun Pasar Senen memberlakukan aturan tiga zona. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Rekayasa Tiga Zona Stasiun

Selain itu, Suprapto menyebut Stasiun Senen juga memberlakukan rekayasa tiga zona guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik Lebaran.

Hal tersebut berkaitan dengan peningkatan pemudik tahun ini sebanyak 12 persen dibanding tahun lalu.

Berdasarkan data Kereta Api Indonesia (KAI), hingga Senin (26/6) jumlah penumpang di Stasiun Senen berjumlah 316.321 orang, naik dibandingkan tahun lalu berjumlah 282.912 orang.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto, mengatakan dalam mengantisipasi lonjakan pihaknya telah membuat tiga zona, guna merekayasa jalur yang dilalui penumpang.

"Zona pertama itu adalah antara penumpang dengan pengantar, dapat dikatakan sebagai kawasan umum ya," kata Suprapto kepada CNNIndonesia.com di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (27/6).

Kemudian, terdapat zona khusus untuk penumpang, dimana dua jam sebelum keberangkatan, penumpang telah dipisahkan menurut tiket kereta serta jam keberangkatan. Terakhir ialah ring satu, zona dimana penumpang naik dan turun kereta.

“Bagi penumpang yang hendak turun, kami siapkan di jalur empat, dan langsung keluar stasiun. Jadinya tidak bersinggungan dengan penumpang berangkat," ungkapnya.

Bagi dia, antisipasi tersebut tidak terlalu berbeda dari tahun sebelumnya. Namun, tahun ini pihaknya menambah jumlah fasilitas di stasiun. Mulai dari pelebaran mushola, toilet, juga menambah jumlah petugas posko kesehatan, petugas keamanan hingga anjing pelacak (K-9).

“Dari kepolisian sekalian pakai K-9. Untuk memberi rasa aman juga kepada pengunjung," kata Suprapto.

(les)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Cegah Tiket Palsu, Penumpang Diimbau Cetak Karcis di Stasiun : http://ift.tt/2tg2PE0

Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "Cegah Tiket Palsu, Penumpang Diimbau Cetak Karcis di Stasiun"

Post a Comment

Powered by Blogger.