Search

Penerbangan Haji di Halim Dialihkan Sementara ke Cengkareng

Jakarta, CNN Indonesia -- Penerbangan pemberangkatan jemaah haji Indonesia untuk embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) dan Jakarta-Bekasi (JKS) untuk sementara tak bisa menggunakan bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Penerbangan yang seharusnya dijadwalkan lepas landas dari bandara Halim PK itu akan dialihkan sementara ke bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Kepada CNNIndonesia.com, Manajer Humas Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, "Untuk seminggu kedepan flight akan diterbangkan dari bandara Soekarno Hatta, nanti akan di verifikasi kembali oleh tim Dirjen Udara apakah Halim bisa digunakan untuk pesawat wide body."

Pesawat Boeing 777 yang dipakai untuk penerbangan jemaah haji Indonesia adalah yang masuk kategori wide body. Sementara itu, kata Yado, untuk penerbangan narrow body (B737 series) tidak mengalami gangguan untuk lepas landas dari Halim PK.

Pemberangkatan haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama telah dilakukan, Jumat (28/7). Namun, penerbangan untuk kloter Jakarta Bekasi (JKS) 1 yang seharusnya lepas landas pada siang tadi dari bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, terganggu.

"Ada kerusakan di runway (landasan) dan katanya berdasarkan laporan dari telepon tadi perbaikannya kurang lebih memakan waktu tiga jam," ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Ahda Barori, Jumat (28/7) siang.

"Kloter JKG (Jakarta Pondok Gede) 1 sudah terbang lancar tadi pagi," ujar Ahda.

Kloter JKG 1 tersebut menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor GIA 7261. Lepas landas peswat Boing 777-300 itu disebutkan telah membuat sebagian kecil landasan di bandara Halim Perdana Kusuma mengelupas.

Hari ini, sesuai jadwal dari bandara Halim ada tiga penerbangan haji dengan rincian satu penerbangan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dan dua penerbangan dengan menggunakan pesawat Saudia Airlines yang juga menggunakan jenis pesawat B777.

Terkait dua penerbangan sisa dari Halim pada hari ini, Yado menegaskan jemaah yang diangkut maskapai Saudia Airlines, Yado menjawab, "Yang 2 Saudi diterbangkan dari bandara Soekarno Hatta."

Sebelumnya, pada Jumat siang tadi, lewat sambungan telepon Yado menyatakan perbaikan atas landasan yang aspalnya terkelupas di Halim sudah rampung dilakukan. Landasan pun sudah dibuka kembali, tapi bukan untuk pesawat wide body. (gil)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Penerbangan Haji di Halim Dialihkan Sementara ke Cengkareng : http://ift.tt/2vPpOnw

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penerbangan Haji di Halim Dialihkan Sementara ke Cengkareng"

Post a Comment

Powered by Blogger.