Search

Ragam Pesan Aksi Kamisan ke-500 untuk Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pesan singkat di atas kertas kecil ditempel di papan hitam seluas dua meter. Papan pesan, beberapa berisi tuntutan, dipajang di sekitar area Aksi Kamisan ke-500 di Silang Monas, tepat di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Niatmu kami tunggu, Pak Jokowi. Selesaikan kasus pelanggaran HAM," tulis salah satu pesan di papan.

Tulisan 'Dear, Mr. President' tertera di atas papan. Peserta Aksi Kamisan yang hadir dipersilakan mengambil kertas yang telah disediakan, untuk kemudian menuliskan pesan yang ingin disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.


Beragam pesan pun disampaikan, mulai dari pernyataan yang menggunakan kalimat pertanyaan perihal kapan Jokowi bersedia menemui peserta Aksi Kamisan hingga pernyataan yang bernuansa menghina.

Selain papan 'Dear, Mr. President', peserta Aksi Kamisan juga dapat menyampaikan pesannya di atas spanduk putih yang diberi judul #AkuKamisan. Di sini, peserta diminta mencelupkan tangannya ke piring berisi cat berwarna hitam lebih dahulu kemudian menempelkannya ke atas spanduk.

Ragam Pesan Aksi Kamisan ke-500 untuk JokowiSpanduk putih berjudul #AkuKamisan jadi tempat menyampaikan pesan. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)

Peserta pun dapat menulis pesan yang ingin disampaikan kepada Jokowi dengan menggunakan kuas. Kamisan kali ini mengusung tema "500 Kamis Cuma Janji Manis".
Aksi Kamisan adalah aksi diam yang digelar setiap pekan sejak 10 tahun silam. Mereka menuntut pemerintah menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM masa lalu.

Beberapa penyelesaian kasus yang mereka tuntut di antaranya Tragedi 1965, Tragedi Tanjung Priok, Tragedi Talang Sari Lampung, penembakan misterius (petrus), kasus Marsinah, penghilangan paksa, Tragedi Semanggi I dan II, hingga Pemubunuhan aktivis HAM Munir. (pmg)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Ragam Pesan Aksi Kamisan ke-500 untuk Jokowi : http://ift.tt/2vb1Cij

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ragam Pesan Aksi Kamisan ke-500 untuk Jokowi"

Post a Comment

Powered by Blogger.