Search

'Markas' Alumni 212 Sepi Jelang Aksi 287

Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang Aksi 287 yang diinisiasi Presidium Alumni 212 pada Jumat (27/7), suasana Masjid Raya Al-Ittihaad, Tebet, Jakarta Selatan, yang biasanya menjadi 'markas' alumni 212 untuk berkumpul sebelum aksi, terlihat sepi.

Pantauan CNNIndonesia.com hingga Kamis (27/7) pukul 19.00 WIB, Kamis (27/7) tidak ada massa dalam jumlah besar yang tampak di Masjid yang biasa dijadikan pusat kegiatan alumni 212.

Tidak ada bus dan mobil-mobil berpelat nomor luar Jakarta. Tidak ada pula seruan-seruan yang terdengar dari pengeras suara masjid.

Sebelumnya, Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif, mengklaim Aksi 287 akan diikuti oleh lima ribu orang dari berbagai wilayah dan tidak hanya dari wilayah Jabodetabek saja.

Slamet mengatakan Jumlah tersebut terdiri dari anggota 23 ormas Islam dan juga simpatisan Presidium Alumni 212.

"Perkiraan massa kita lima sampai sepuluh ribu orang untuk ikut salat Jumat lalu ke MK (Mahkamah Konstitusi)," kata Slamet saat konferensi pers di Masjid Al Ittihaad, Rabu (26/7).

Suasana di Masjid Al Ittihaad malam ini berbeda dengan suasana saat aksi unjuk rasa besar-besaran di waktu sebelumnya, seperti gelaran aksi 411 dan 212.

Kala itu, Masjid Raya Al-Ittihaad dipenuhi oleh demonstran dari luar Jakarta. Mereka singgah dan beristirahat sebelum ikut aksi keesokan harinya.

Bahkan, saat Pilkada DKI Jakarta masih berlangsung, Masjid Al Ittihaad juga dijadikan tempat singgah oleh massa 212 dari luar daerah yang ingin mengawasi proses pemungutan suara.

Presidium Alumni 212 rencananya akan menggelar unjuk rasa menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan pada Jumat (28/7).

Pada Aksi yang dinamai 287 itu, massa akan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, kemudian dilanjutkan dengan long march menuju Patung Kuda yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Di samping menyuarakan penolakan Perppu Ormas, aksi 287 juga untuk mengawal judicial review terhadap Perppu Ormas ke Mahkamah Konstitusi.

(syh)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 'Markas' Alumni 212 Sepi Jelang Aksi 287 : http://ift.tt/2uAMtFA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "'Markas' Alumni 212 Sepi Jelang Aksi 287"

Post a Comment

Powered by Blogger.