Search

Tak Lagi Garuda, Jemaah Haji Jaksel Naik Saudi Airlines

Jakarta, CNN Indonesia -- Berbeda dengan calon dari daerah lain, calon jemaah haji yang berdomisili di Jakarta Selatan (Jaksel) bakal berangkat ke Arab Saudi menggunakan jasa Saudi Airlines.

Kepala Biro Humas Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji Asrama Haji, Marasakil Daulay mengatakan, pola pemberangkatan tersebut baru dilakukan pada tahun ini. Sebelumnya, kata Marasakil, jemaah haji asal Jaksel menggunakan jasa Garuda Indonesia seperti jemaah lain pada umumnya.

"Jamaah Jakarta Selatan itu semuanya masuk penerbangan Saudi (Airlines). Baru tahun ini mulainya," kata Marasakil kepada CNNIndonesia.com di kantornya Asrama Haji, Jakarta Timur, Kamis (27/7).

Diketahui, Asrama Haji menampung calon jemaah haji dari Banten dan DKI Jakarta. Setiap kloter diisi oleh calon jemaah haji dengan jumlah yang sama, yaitu 386 orang.


Akan tetapi, khusus untuk calon jemaah haji Jaksel, Asrama Haji menyediakan kloter tersendiri dengan jumlah calon jemaah haji yang lebih banyak pula.

"Kalau Jakarta Selatan yang berangkat pakai Saudi Airlines itu satu kloternya 405," tutur Marasakil.

Berdasarkan data yang dihimpun CNNIndonesia.com, dari 63 kloter, ada lima kloter khusus untuk calon jemaah haji asal Jakarta Selatan selama masa haji tahun 2017. Kloter khusus calon jemaah haji Jakarta Selatan antara lain kloter 8, kloter 15, kloter 25, kloter 58, dan kloter 59.

Dengan demikian, sedikitnya ada 2.025 calon jemaah haji asal Jakarta Selatan yang menggunakan maskapai berbeda.


Marasakil melanjutkan, para calon jemaah haji asal Jaksel tetap dipusatkan di Asrama Haji bersama calon jemaah dari daerah Jakarta yang lain, seperti Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Selain itu, seremoni pelepasan dari Asrama Haji ke Bandara Halim Perdanakusumah pun dilakukan bersama dengan calon jemaah haji yang lain. Jadwal pemberangkatan pun sama meski menggunakan jasa maskapai penerbangan yang berbeda.

"Pemusatannya di sini juga. Tiap kloter termasuk yang dari Jakarta Selatan juga sama jadwal pemberangkatannya," kata ujar Marasakil. (rah)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Tak Lagi Garuda, Jemaah Haji Jaksel Naik Saudi Airlines : http://ift.tt/2vNtPce

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Lagi Garuda, Jemaah Haji Jaksel Naik Saudi Airlines"

Post a Comment

Powered by Blogger.