Search

Ketua MPR Dukung Jokowi soal Film G30S/PKI Versi 'Milenial'

Ketua MPR Zulkifli Hasan mempersilakan pemerintah memperbarui film G30S/PKI untuk mempermudah generasi milenial dalam memahami pesan yang disampaikan.

"Menonton film yang lama atau bikin film baru sesuai perkembangan zaman silahkan saja. Ini untuk pembelajaran sejarah, saya kira penting," kata Zulkifli di sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/9) seperti dikutip dari Antara.

Pernyataan Zulkifli itu dilontarkan sebagai tanggapan atas usul Presiden Joko Widodo agar film tentang peristiwa 30 September 1965 diperbarui.

Zulkifli mengatakan dengan menonton film terkait peristiwa yang lalu melatarbelakangi peringatan hari Kesaktian Pancasila itu, masyarakat dapat mengambil pelajaran dari peristiwa kelam tersebut.

"Melalui film tersebut semua bisa dipelajari," ujar politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, menyikapi rencana pemutaran kembali film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI yang diproduksi pada 1984 silam, Presiden RI Joko Widodo mengusulkan film terkait peristiwa sejarah itu diperbarui agar lebih mudah dipahami generasi saat ini.

"Ya, nonton film apalagi mengenai sejarah itu penting," ujar Jokowi usai meninjau Jembatan Gantung Mangunsuko di Kecamatan Dusun, Magelang kemarin.

“Akan lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial,” katanya seperti dilansir dari laman resmi Sekretariat Negara.

Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI dirilis pada 1984 silam itu disutradarai Arifin C Noer. Film itu disebut melibatkan lebih dari 10 ribu pemain dan figuran. Saat orde baru berkuasa, setiap malam 30 September, ada pemutaran serentak film G 30 S PKI di layar televisi. Pascareformasi 1998 kewajiban pemutaran film itu dihentikan.


Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Ketua MPR Dukung Jokowi soal Film G30S/PKI Versi 'Milenial' : http://ift.tt/2x9hXEW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketua MPR Dukung Jokowi soal Film G30S/PKI Versi 'Milenial'"

Post a Comment

Powered by Blogger.