Search

Pemprov DKI Habiskan Rp700 Juta untuk Lebaran Betawi

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengungkapkan bahwa perayaan Lebaran Betawi 2017 menghabiskan dana hingga Rp700 juta. Dana tersebut diambil dari hibah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

"Jadi tahun ini betul-betul siap. Untuk penyelenggaraan Lebaran Betawi 2017 (dana) yang dialokasikan sekitar Rp700 juta. Itu diplot Bamus Betawi sendiri, karena itu merupakan hibah yang sudah diterima," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Adapun total hibah yang diberikan Pemprov DKI Jakarta untuk Bamus Betawi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun ini mencapai Rp5 miliar. Dana tersebut digunakan untuk beberapa kegiatan yang diadakan Bamus Betawi.

"Saya lihat ada 28 kegiatan. Dari 28 kegiatan itu salah satunya Lebaran Betawi. Total (hibah) Rp5 miliar," kata Saefullah.

Lebaran Betawi 2017 akan digelar di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Jumat-Minggu, 28-30 Juli 2017. Pemprov DKI memperkirakan bakal ada lebih dari 20.000 pengunjung dalam acara yang rencananya juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut.

Ketua Bamus Betawi Zainudin mengatakan, Setu Babakan dipilih sebagai lokasi acara perayaan Lebaran Betawi karena dinilai dapat mencerminkan kekhasan budaya betawi itu sendiri. Selain itu, tempat tersebut dipilih atas usulan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

"Di situ terdapat destinasi wisata sekaligus model tempat tinggal betawi tempo dulu, ada danaunya, rumah-rumah betawi, tempat pagelaran, kuliner, panggung hiburan. Kami akan kenalkan PBB Setu Babakan ini," kata Zainudin.

Delapan ikon Betawi juga akan ditampilkan dalam Lebaran Betawi 2017, yakni ondel-ondel, ornamen kembang kelapa, baju sadariah, kebaya kerancang, kerak telor, ornamen gigi balang, bir pletok, dan batik betawi. Diisi dengan berbagai hiburan dan kesenian budaya Betawi, mulai dari tradisi, camilan khas, tarian Betawi, dan berbagai macam perlombaan.

Sementara itu, Saefullah mengatakan, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah siap mendukung kelancaran terselenggaranya Lebaran Betawi ini.

Dinas Perhubungan, misalnya, akan menyediakan bus khusus untuk memfasilitasi perpindahan pengunjung dari halte terdekat maupun tempat parkir untuk masuk ke dalam kawasan Setu Babakan.

"Jadi, tidak semua kendaraan harus masuk ke kawasan Setu Babakan. Misalnya dari stasiun paling dekat dengan Setu Babakan, seperti Lenteng Angung juga akan kami siapkan kendaraan khusus untuk mengangkut warga yang mau ke lokasi acara," imbuhnya. (sur)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Pemprov DKI Habiskan Rp700 Juta untuk Lebaran Betawi : http://ift.tt/2uVjddM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemprov DKI Habiskan Rp700 Juta untuk Lebaran Betawi"

Post a Comment

Powered by Blogger.