Search

Soal Dana Pramuka, Menpora Masih Tunggu Klarifikasi Adhyaksa

Jakarta, CNN Indonesia -- Pencairan dana untuk anggaran Pramuka sebesar Rp10 miliar masih menunggu klarifikasi Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Adhyaksa Dault. Hal ini tak lepas dari dugaan keterlibatan mantan Menteri Olahraga dan Pemuda itu dalam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Barang (anggaran untuk pramuka) ini masih ada, hanya ditunda saja pencairannya. Uangnya ada kok 10 miliar itu," kata Plt Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal, Selasa (25/7).

Jonni menegaskan pencairan dana akan dilakukan setelah Adhyaksa memberikan klarifikasi terkait dugaan keterlibatan dalam HTI yang pekan lalu dicabut status badan hukumnya oleh Kementerian Hukum dan HAM.

"Mungkin pak menteri menunggu kabar dari pak Adhyaksa. Mudah-mudahan (segera klarifikasi), kita tunggu saja. Kalau informasi dari orang-orang dekat beliau (Adhyaksa) sepertinya akan bertemu (Menpora)," ujar Jonnni.

Sebelumnya, pada awal pekan ini, di Istana Kepresidenan, Menpora Imam Nahrawi menyatakan menunda pencairan anggaran Kemenpora untuk Pramuka hingga ada klarifikasi dari Adhyaksa Dault.
Soal Dana Pramuka, Menpora Masih Tunggu Klarifikasi AdhyaksaFoto: CNN Indonesia/Andry Novelino
"Jangan sampai anggaran yang bersumber dari pajak dan rakyat dipergunakan hal-hal yang lain. Makanya kita harus hati-hati," ujar Nahrawi.

Sementara itu, pada Senin (24/7), Adhyaksa mengatakan telah mengirim surat kepada Menpora sebagai klarifikasi terkait dugaan keterlibatannya di organisasi HTI.

Pria yang pernah menjabat sebagai Menpora itu menyebut, dengan mengirim surat itu maka tak perlu lagi melakukan klarifikasi secara langsung kepada Menpora.

Dia juga mengklaim sudah menyampaikan klarifikasi kepada presiden, wakil presiden, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

"Sudah sejak tiga minggu lalu saya kirim, jadi untuk apa lagi saya klarifikasi," kata Adhyaksa saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Adhyaksa juga menyayangkan pernyataan Menpora terkait pembekuan anggaran Pramuka yang mencapai Rp10 miliar. Dia tak ingin Pramuka jadi korban.

"Paling tidak beritahu kami dulu ada apa, kok tiba-tiba bilang begitu, bekukan anggaran pramuka. Jangan korbankan pramuka. Ini cuma Rp10 miliar, dulu itu Rp45 miliar, ini cuma Rp10 miliar kok ditahan-tahan," ucap Adhyaksa.

Optimis Anggaran Turun

Sementara itu pihak Kwatir Nasional (Kwarnas) Pramuka optimistis anggaran rutin untuk tahun 2017 akan turun.

Menurut Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka bidang Kominfo, Hariqo Wibawa Satria, dana tersebut sebenarnya bukan dibekukan, hanya ditunda saja.

"Rasanya pasti itu (anggaran) turun," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (25/7).

Jika tak ada penundaan, anggaran untuk Kwarnas Pramuka turun antara bulan April atau Mei.

Riqo menyebut anggaran rutin tersebut akan digunakan oleh Kwarnas Pramuka untuk melakukan pendidikan pelatih, pembinaan pelatih, kegiatan pengabdian masyarakat, bakti lingkungan, dan lainnya. (wis)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Soal Dana Pramuka, Menpora Masih Tunggu Klarifikasi Adhyaksa : http://ift.tt/2vHGzkA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soal Dana Pramuka, Menpora Masih Tunggu Klarifikasi Adhyaksa"

Post a Comment

Powered by Blogger.