Search

Perwakilan Aksi 287 Akan Daftar Uji Materi Perppu Ormas ke MK

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah perwakilan massa aksi 287 akan menemui perwakikan Mahkamah Konstitusi (MK) siang nanti. Pada kesempatan itu, mereka juga akan mendaftarkan uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakatan (Ormas).

Anggota Tim Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), Kapitra Ampera mengatakan, jumlah perwakilan ini nanti sekitar 20 orang, termasuk dirinya.

"Secara simbolis mengajukan uji materi Perppu Ormas didampingi dan atau diwakili tim advokasi, kita bertemu perwakilan MK," kata Kapitra lewat pesan singkat, Jumat (28/7).

Selain Kapitra, nama lainnya yaitu, Nasrullah Nasution, Rangga Lukita Desnata, Denny Azani B. Latief, dan Ismar Syarifuddin. Mereka merupakan perwakilan massa aksi 287 yang turut mendaftarkan draf ke MK.

Pendaftaran draf uji materi itu disebut bakal dipimpin Yusril Ihza Mahendra. Pendaftaran uji materi ke MK ini akan dilakukan pasca ibadah salat Jumat. Yusril pun merupakan kuasa hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dalam uji materi Perppu 2/2017 di MK. Yusril dan HTI sudah menjalani sidang pertama uji materi Perppu 2/2017 di MK pada 26 Juli lalu.

Nanti, para peserta aksi juga melakukan long march dari Istiqlal ke MK guna mengawal pendaftaran uji materi Perppu Ormas tersebut. Namun, belum bisa dipastikan apakah seluruh peserta aksi 287 bakal turut ikut long march atau tidak.

Sejauh ini, agenda aksi 287 mayoritas masih terpusat di Istiqlal. Inti aksi baru dimulai setelah salat Jumat di Istiqlal.

Data kepolisian mencatat peserta aksi 287 bukan hanya datang dari kawasan Jakarta. Mereka datang dari luar kota, seperti Serang, Purwakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, dan beberapa wilayah lainnya di Jawa Barat.

Dari pantauan CNNIndonesia.com suasana di kawasan Masjid Istiqlal sendiri masih belum terlalu ramai. Peserta aksi pun masih berdatangan, namun belum sebanyak aksi-aksi sebelumnya. (osc/kid)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Perwakilan Aksi 287 Akan Daftar Uji Materi Perppu Ormas ke MK : http://ift.tt/2uDCUFY

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perwakilan Aksi 287 Akan Daftar Uji Materi Perppu Ormas ke MK"

Post a Comment

Powered by Blogger.