Search

Polisi Tangkap 93 Penjahat Siber Internasional di Surabaya

Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi berhasil menangkap pelaku tindak kriminal kejahatan siber internasional dengan modus penipuan dan pemerasan.

Operasi penggerebekan dan penangkapan pelaku kejahatan siber ini dilakukan oleh Tim Satgasus Polri dan Kepolisian China di Surabaya, Sabtu (29/7). Dari operasi ini, 93 orang WNA yang mengaku sebagai warga negara China berhasil ditangkap.

Mereka ditangkap di tempat yang berbeda-beda. Sekitar 38 orang ditagkap di Jalan Mutiara Graha Family Blok N-1 Bukit Darmo Golf, Surabaya, sedangkan 20 orang lain ditangkap di Jalan Graha Family Timur 1 Blok E 68 Bukit Darmo Golf, Surabaya. Sisanya, 35 orang lainnya ditangkap di alan Graha Family Timur 1 Blok E 58 Bukit Darmo Golf, Surabaya.

Berdasar hasil interogasi, terduga pelaku sudah melakukan kejahatan siber internasional sejak Februari 2017. Sampai saat ini kejahatan siber tersebut dilakukan di China dan memakan korban warga China.

Berdasar keterangan yang didapatkan dari Brigjen Rikwanto, modus operandi mereka adalah mengaku sebagai penegak hukum, baik polisi atau jaksa. Terduga pelaku mengancam korban yang sedang terlibat kasus tertentu yang sedang ditangani polisi.

"Korban dijanjikan bahwa kasusnya akan dibekukan dengan jaminan korban mengirimkan uang ke rekening yang sudah disiapkan pelaku," kata Rikwanto.

"Setelah mengirimkan (uang) dan menyadari bahwa korban sudah ditipu selanjutnya dia melaporkan peristiwa tersebut ke kepolisian China."

Dari hasil penggerebekan, ada beberapa barang bukti yang disita antara lain 5 buah laptop, 3 buah iPad mini, 1 buah iPad, 41 buah gagang telepon, 12 buah router. Selain itu juga ditemukan hub network, ponsel, dan keyboard. (chs)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Polisi Tangkap 93 Penjahat Siber Internasional di Surabaya : http://ift.tt/2vTsq47

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polisi Tangkap 93 Penjahat Siber Internasional di Surabaya"

Post a Comment

Powered by Blogger.