Search

Wiranto: Maksud Jokowi soal Film G30S/PKI Jangan Jadi Hoax

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menilai tidak ada yang keliru dari pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai pembuatan kembali film G30S/PKI.

Dia menegaskan hal itu terkait dengan pernyataan Jokowi yang menginginkan film-film dokumentasi dan sejarah dapat lebih mudah diterima dan dikenal generasi milenial.

"Presiden maksudnya baik. Kadang-kadang suka dipelintir seakan Presiden setuju mengubah konten. Jangan disalahtafsirkan jadi hoax," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (22/9).

Penegasan ini disampaikan sebab banyak pihak menuding Jokowi ingin mengubah sejarah. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais salah satu yang menyatakan itu.

Amien berpendapat, pembuatan kembali film G30S/PKI akan mengganggu kehidupan anak cucu keturunan PKI yang kini sudah bebas menjalani kehidupan.

Sementara itu, Wiranto menyatakan, Jokowi sama sekali tidak bermaksud mengubah konten. Pernyataan itu pun menjadi sebuah perintah untuk segera dilakukan anak buahnya.

"Bukan instruksi, tapi pendapat. Jadi disesuaikan cara penyajiannya, diubah sesuai kondisi sekarang, bukan diubah kontennya," katanya.

Tak Perlu Dipolitisasi

Di sisi lain, Wiranto berpendapat, hal itu seharusnya kini tak perlu terus menerus dipermasalahkan dan dipolitisasi. Menurutnya, konsentrasi lebih diperlukan untuk mempersiapkan masa mendatang.

"Kita bisa selesaikan secara arif. Jangan lagi masalah ditunggangi kepentingan politik. Mendekati Pilkada, Pilpres selalu ada tunggang menunggang," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (22/9).

Isu PKI memang tak pernah lepas dari Presiden Joko Widodo. Isu ini sudah ditempelkan sejumlah pihak bahkan sejak pemilihan presiden (Pilpres) 2014.

(asa)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Wiranto: Maksud Jokowi soal Film G30S/PKI Jangan Jadi Hoax : http://ift.tt/2xmnfL1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wiranto: Maksud Jokowi soal Film G30S/PKI Jangan Jadi Hoax"

Post a Comment

Powered by Blogger.